Senin, 15 Februari 2010

Novel Yang Bikin Heboh


Cerita ini terjadi didesa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitung Timur. Dimulai ketika sekolah muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh depdikbud Sumsel jika tidak mendapatkan siswa minimal 10 orang. Pada saat kepala sekolah ingin memberikan pidato pembubaran sekolah karna sekolah itu hanya mendapatkan 9 orang murid, tiba-tiba ada seorang anak lagi yang bernama Harun yang mendaftarkan diri disekolah tersebut. Mulai dari sanalah mereka semua berteman akrab. Dari mulai penempatan tempat duduk, bertemu dengan pak Harfan, perkenalan mereka dengan A Kiong, dan masih banyak lagi cerita yang lainnya. Laskar pelangi adalah nama yang diberikan oleh Bu Muslimah yang terinspirasi dari kesenangan mereka dengan pelangi. Laskar pelangi juga sempat mengharumkan nama sekolah mereka dengan berbagai cara salah satunya adalah pembalasan dendam Mahar yang selalu dipojokan teman-temannya karna menyukai okultisme, tapi pada saat ada lomba karnaval 17 agustusan ia membuat kemenangan manis karna menyukai okultisme. Lalu kejeniusan Lintang yang menantang dan mengalahkan Drs. Zulfikar, guru sekolah kaya PN yang berijasah dan terkenal dan memenangkan lomba cerdas cermat. Kisah sepuluh kawan ini berakhir dengan kematian ayahnya Lintang karna memaksakan Lintang untuk putus sekolah.

Kelebihan Buku: Buku ini sangat menarik untuk dibaca oleh semua kalangan baik muda, tua ataupun anak-anak. Buku yang menceritakan semangat untuk menuntun ilmu ini sangat memotifasi bagi sang pembaca karna kerja keras tokoh-tokoh laskar pelangi ini yang berusaha keras untuk bisa menjadi pandai walaupun mereka bersekolah disekolah miskin dan serba kekurangan.

Kekurangan Buku: Dari keseluruhan isi buku ini sebenarnya hampir tidak ada kekurangannya karna dari segi penyajian, cover, isi cerita semua dikemas secara menarik. Namun ada satu yang menjadi kelemahan novel ini yaitu banyaknya penggunaan kata-kata yang terdengar asing oleh kita dan kata-kata ilmiah yang sulit untuk dimengerti oleh orang yang tidak terbiasa dengan kata-kata tersebut.



Judul Buku : Laskar Pelangi
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : Yogyakarta, Bentang pusaka
Tahun Terbit : 2008
Halaman : 534

DOWNLOAD DISINI

0 komentar:

Posting Komentar